cara menjual rumah

TIPS MENJUAL RUMAH

ANDA mulai bosan dengan properti yang telah ditempati selama ini dan ber­keinginan menjualnya, bagaimana car­a­nya? Untuk menjual rumah tidaklah semuah membalik telapak tangan, apalagi tanpa memanfaatkan jasa seorang ma­kelar atau agen properti.

Langkah- langkah yang perlu dike­tahui untuk melakukan jual beli properti tanpa perantara pihak ketiga, sebenarnya sangat mudah (tidak seperti bayangan sebagian besar orang). Namun demikian, tentunya ada hal- hal yang memang harus Anda lakukan agar calon pembeli yakin dengan apa yang Anda tawarkan.

Tampilan tempat tinggal Anda yang akan dijual, menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar hunian tersebut segera laku terjual. Calon pembeli, cenderung tertarik untuk membeli tempat tinggal yang bersih, cantik. Untuk itu, Anda harus melakukan sejumlah renovasi ulang agar minat calon pembeli muncul.

Agar lebih fokus dan mempermudah Anda ketika melakukan renovasi, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan :

1.   Periksa seluruh permukaan lantai rumah, apakah ada yang harus diper­baiki atau tidak.

2.   Teliti kembali semua saluran pemi­paan, carilah jika terjadi adanya kebocoran.

3.   Perhatikan juga perlengkapan sistem penca­hayaan, sistem ventilasi apakah masih berfungsi secara baik.

4.   Periksa setiap pintu dan jendela. Selain itu, buatlah tampilan pagar dan pintu depan lebih menarik.

5.   Jelajahi ulang bagian dinding interior dan eksteriornya, apakah cat tembok masih tampak bagus atau memerlukan pengecatan ulang.

6.   Pastikan sistem drainasenya berfungsi dan tidak tersumbat.

7.   Periksa kondisi atap.

8.   Tambahkan beberapa elemen dekorasi yang baru ketika merenovasi.

9.   Jagalah kembali kebersihan dan hi­lang­kan bau tidak sedap pada kamar mandi serta dapur.

10. Rapikan tampilan taman dan bunga di halaman Anda.

Hal yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah perbaiki alamat dan nomor rumah Anda agar terlihat jelas pada setiap orang yang lewat di depan tempat tinggal Anda sehingga akan memudahkan ketika ada calon pembeli yang mencari alamat Anda.

Jika semua hal di atas telah dibenahi, maka keinginan Anda untuk menjual rumah akan sece­patnya terealisasi. Jadi tunggu apalagi!